ClearOS Professional : Dynamic DNS dan DNS Server

clearos_professionalDua apps di ClearOS Professional yang berguna untuk pengaturan DNS di ClearOS adalah DynamicDNS dan Lokal DNS.

 

 

 

A. DYNAMIC DNS

icon-dyn-dnsDynamicDNS adalah apps ClearOS Professional yang berfungsi memetakan IP Address publik Server ke nama domain. Dengan apps ini, ClearOS dapat diakses dengan mudah melalui domain meskipun IP Address nya bersifat dinamis atau berubah-ubah.

Install apps Dynamic DNS via Marketplace. [Baca : Tutorial Marketplace ]

 

Akses ke Cloud – Network – Dynamic DNS

dyndns1

Dalam gambar diatas terlihat, meskipun IP Publik berubah-ubah, tapi secara otomatis akan di redirect ke domain yang ditentukan di Dynamic DNS nya.

Server dapat diakses menggunakan domain nya, tidak perlu mengingat-ingat IP Address nya, baik dari Lokal (LAN) maupun dari Internet.

dyndns2

 

B. DNS SERVER

icon-dns-serverDNS server berfungsi untuk memetakan IP Address ke Nama Domain dan sebaliknya. Local DNS server ClearOS berfungsi untuk memetakan IP Address lokal ke nama domain sekaligus caching DNS untuk LAN.

Install app DNS Server via Marketplace. [Baca : Tutorial Marketplace ]

 

 

Masuk ke Network – Infrastructure – DNS Server.

local-dns1

 

Anda dapat menambahkan IP dan Nama Domain yang baru dengan klik tombol Add.

local-dns2

 

Anda dapat menciptakan nama domain sendiri untuk keperluan lokal. Hal ini mempermudah akses ke aplikasi tertentu di Server hanya dengan menggunakan nama domain saja, bahkan tanpa perlu koneksi ke Internet.
Disamping itu DNS Server juga dapat digunakan untuk memetakan Nama domain internet ke Server ClearOS atau aplikasi yang berjalan di server ClearOS. Anda dapat mengarahkan nama domain internet anda ke server ClearOS.

local-dns3

Dengan DNS Server, akses ke ClearOS lebih mudah dilakukan baik dari Lokal (LAN) maupun dari Internet.

Contoh akses ke server ClearOS Professional menggunakan Nama Domain Internet.

local-dns4





Categories





Community Support